Farmasi UGM – Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk “How to Build a Brand” pada hari Jumat, 25 Oktober 2024, di Ruang 303 Gedung APSLC Lt. 3 Fakultas Farmasi UGM. Kegiatan ini tidak terbatas hanya untuk mahasiswa prodi S1 saja, namun juga dibuka untuk mahasiswa jenjang Profesi Apoteker dan Pascasarjana (Magister dan Doktoral).
Kuliah tamu kali ini menghadirkan Arief Eka Wardana, praktisi di bidang manajemen pemasaran farmasi yang saat ini juga menjabat sebagai Brand Manager di PT. Industri Jamu dan Farmasi Sidomuncul. Selama kurang lebih 2 jam, Arief membagikan pengetahuan yang komprehensif terkait strategi membangun dan mempertahankan brand yang efektif. Dalam presentasinya, Arief menjelaskan konsep dasar branding, langkah-langkah strategis dalam menciptakan merek yang kuat, serta tantangan yang dihadapi di industri farmasi. Tidak hanya berfokus pada teori, Arief juga membagikan pengalaman teknis yang pernah Ia terapkan.
Peserta yang hadir tampak sangat antusias mengikuti agenda kuliah tamu ini, terlihat dari beragamnya pertanyaan yang muncul dari peserta mengenai isu-isu yang dihadapi dalam branding saat sesi tanya jawab. Pada akhir kegiatan, beberapa peserta yang beruntung mendapatkan doorprize menarik, sehingga turut memantik para peserta untuk terlibat aktif.
Kegiatan ini mendukung beberapa poin dalam Sustainable Development Goals (SDGs), terutama SDG 3 (Kesehatan dan Kesejahteraan), SDG 4 (Pendidikan Berkualitas), SDG 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur), dan SDG 17 (Kemitraan untuk Tujuan). Dalam konteks SDG 3, kuliah tamu ini menyoroti pentingnya branding di industri kesehatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk yang aman dan berkualitas. SDG 4 tercermin dalam upaya Fakultas Farmasi UGM menyediakan pendidikan yang mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan pemasaran yang relevan. SDG 9 terlihat melalui dorongan inovasi, di mana pengetahuan branding mendorong mahasiswa menciptakan produk dan layanan yang lebih menarik. Sedangkan SDG 17 terwujud dalam kolaborasi antara akademisi dan praktisi yang memperkuat sinergi antara pendidikan dan industri. Dengan memberikan pengetahuan tentang branding, kegiatan ini berkontribusi pada pengembangan potensi mahasiswa yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa yang siap untuk berinovasi dan berkontribusi positif bagi masyarakat, selaras dengan komitmen UGM dalam mencapai SDGs. (Fathul/HumasFA)
SDGs nomor 3, 4, 9 dan 17