Farmasi UGM- Minggu (20/3) Fakultas Farmasi UGM bersama KAGAMA Farmasi menyelenggarakan acara webinar “Writing for Personal Branding” yang dilaksanakan daring melalui platform Zoom. Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Farmasi UGM Prof. Dr. apt. Satibi, M.Si., Ketua Kagama Fakultas Farmasi UGM Drs. apt. Masrizal Syarief, Wakil Dekan III Fakultas Farmasi UGM Dr.rer.nat. apt. Nanang Fakhrudin, M.Si. dan mahasiswa/i Fakultas Farmasi UGM. Pembicara dalam webinar kali ini adalah Drs. Karyanto, MM Ketua Bidang Komunikasi dan IT Kagama Farmasi UGM.
Acara dibuka oleh Imelda Dara Irawan selaku MC kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Dekan Fakultas Farmasi UGM, dan dilanjutkan oleh Ketua Kagama Farmasi UGM, Drs. Masrizal Syarief, Apt. Terakhir, sambutan disampaikan oleh Pimpinan Umum Farsigama, Regina Gita. Selanjutnya, acara diambil alih oleh Salsabiela Milenia selaku moderator.
Acara webinar ini merupakan bentuk kerja sama antara Kagama Farmasi dengan Fakultas Farmasi UGM untuk meningkatkan softskill terutama di bidang komunikasi dan keterampilan menulis bagi mahasiswa Farmasi UGM. Pentingnya peningkatan softskill perlu dicanangkan karena dalam perekrutan dunia kerja, softskill dan pengalaman merupakan hal utama yang dilihat dari para pelamar. Personal branding ada sebagai media untuk mendeskripsikan keterampilan, kepribadian, dan karakteristik unik dari masing-masing orang terkait softskill dan pengalaman yang dimilikinya. Dalam melakukan personal branding, unsur “promosi” bukanlah satu-satunya hal yang kita dititikberatkan, namun juga tentang bagaimana kita mengenal diri sendiri, apa yang kita minati, apa yang menjadi target atau goal kita dalam menjalankan pekerjaan, serta bagaimana kita ingin mencapai target tersebut.
Dalam penyampaian materi, terdapat beberapa poin penting lain, yaitu menulis sebagai pengungkit reputasi-personal branding; keunggulan membangun personal branding; definisi, jenis, dan struktur personal branding; personal SWOT analysis dan keuntungannya; serta aplikasi dan transformasi. SWOT analysis terdiri atas faktor internal berupa strength (kekuatan), weakness (kelemahan) serta faktor eksternal berupa opportunity (kesempatan) dan threat (ancaman). Analisis tersebut merupakan cara efektif untuk melakukan “pembedahan” terhadap diri kita setelah kita mengetahui goal yang ingin kita capai. Penentuan goal hendaknya berpacu pada konsep SMART, yaitu specific (spesifik), measurable (terukur), achievable (dapat digapai), realistic (sesuai kenyataan), dan time line (sesuai garis waktu).
Pak Karyanto selaku founder JamuDigital memiliki motto untuk “menjadi lilin yang menerangi kegelapan dan bukan api yang membakar. Cari dan temukanlah sesuatu yang unik pada dirimu selain hal-hal fisik.” Beliau mengingatkan akan pentingnya konsistensi dalam usaha mencapai setiap goal yang kita miliki. Konsistensi akan mendorong seseorang untuk selalu menyumbangkan karya yang maksimal sehingga dapat memberikan kontribusi serta manfaat yang maksimal pula. Adalah sebuah keharusan bagi setiap orang untuk tumbuh, berkembang, dan memberikan manfaat di manapun mereka ditempatkan.
Dalam hal ini Dekan Fakultas Farmasi UGM Prof. Dr. apt. Satibi, M.Si menyampaikan bahwa dengan adanya pelaksanaan workshop yang diselenggarakan sekarang diharapnak dapat memberikan dampak baik bagi permasalahan indonesia
Liputan : Tim Redaksi dan Editor Farsigama 2022
Editor : Humas FA