Farmasi UGM – Era keterbukaan informasi dewasa ini membuat masyarakat semakin kritis terhadap pelayanan publik yang mereka terima, termasuk dalam pelayanan customer di perguruan tinggi. Banyak hal yang dituntut oleh customer terhadap pelayanan perguruan tinggi yang diberikan, seperti profesional, komunikatif, ramah, tidak diskriminatif serta dapat memberikan informasi yang jelas dan transparan dan dapat memberikan kepuasan pelayanan terhadap customer. Berdasarkan hal tersebut maka peningkatan mutu dan pelayanan di perguruan tinggi perlu dilakukan. Dengan keadaan ini tentu saja harus didukung oleh SDM profesional yang tidak hanya harus mampu memberikan pelayanan sesuai standar saja, tetapi mampu menghargai hak customer dan pendekatan dialogis, serta bersedia membina hubungan yang baik dengan pelanggannya secara santun (deep connections).
Untuk mewujudkan pelayanan prima yang semakin baik sebagai public service, Fakultas Farmasi UGM mengadakan pelatihan complaint handling bersama praktisi yang diselenggarakan pada Minggu, 19 Desember 2021 di Hotel Melia Purosani Yogyakarta. Pelatihan tersebut diikuti oleh Bapak/Ibu Tenaga Kependidikan Fakultas Farmasi UGM dari perwakilan semua bagian/unit kerja dan menghadirkan beberapa pembicara yang ahli dibidangnya yaitu Sylvi Dewajani, S.Psi., M.Sc., seorang psikolog, konsultan, dan asesor psikologi. Pembicara yang kedua yaitu Erina Chusnulita, SP, MMA seorang Penyiar Rakosa FM dan juga Rita Wulandari, SE., yang memberikan banyak game menarik pada pelatihan tersebut.
Dalam pemaparan yang disampaikan oleh pembicara pertama yaitu Ibu Sylvi Dewajani, S.Psi., M.Sc., beliau menyampaikan bahwa dalam menangani sebuah complaint, yang harus dicari penyelesaiannya adalah apa masalahnya, bukan siapa yang melakukan kesalahannya. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam menangani sebuah complaint kita harus bisa mendengarkan, mencatat, mengkonfirmasi, dan menyelesaikan masalah. Ibu Erina Chusnulita, SP, MMA juga menyampaikan banyak hal terkait skill apa saja yang diperlukan dalam menangani complaint handling dan bagaimana cara membangun mindset pelayanan dari hati.
Adanya pelatihan yang diselenggarakan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan profesional tenaga kependidikan dalam memberikan pelayanan prima, serta memahami konsep dari complaint handling yang berguna bagi proses pelayanan di Fakultas Farmasi UGM. (Humas FA)