Mahasiswa Program Studi Profesi Apoteker 2018 mengadakan kegiatan pelatihan softskill yang berlangsung pada tanggal 12-13 Mei 2018. Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa alasan, selain demi mempersiapkan apoteker muda yang siap menghadapi persaingan memasuki dunia kerja, namun juga demi membangun kesadaran dari mahasiswa PSPA 2018 mengenai potensi dan kemampuan yang selama ini sudah dimiliki serta sejauh mana masih perlu ditingkatkan. Mental yang kuat dalam menghadapi persaingan ketika memasuki dunia kerja merupakan hal yang tidak dapat dibangun secara instan, sehingga perlu adanya persiapan yang panjang. Seorang calon apoteker lulusan Program Studi Profesi Apoteker Universitas Gadjah Mada tentu telah memiliki bekal keilmuan yang memadahi yang didapatkan selama di bangku kuliah, namun lebih dari itu seorang lulusan perguruan tinggi perlu memiliki softskill yang memadai juga. Berlandaskan hal tersebut, kegiatan pelatihan softskill ini diadakan untuk merangkai berbagai kemampuan yang sudah didapatkan semenjak di program sarjana, dan hal ini akan menjadi investasi yang tidak ternilai harganya bagi masa depan setiap calon apoteker mahasiswa PSPA UGM 2018. Oleh karena itu, tema kegiatan pelatihan softskill 2018 kali ini yaitu “Good Leadership : An Investment To Reach Your Future Career.”
Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari fakultas dengan hadirnya Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ibu Dr. rer. nat. Triana Hertiani, M.Si., Apt., Ketua Program Studi Profesi Apoteker Ibu Dr. Ika Puspitasari, M. Si., Apt dan Sekretaris Program Studi Profesi Apoteker Ibu Dr. Susi Ari Kristina, M,Kes., Apt. Dalam sambutan sekaligus pembukaan kegiatan, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ibu Dr. rer. nat. Triana Hertiani, M.Si., Apt. mengapresiasi kepada PSPA dan panitia atas diselenggarakannya acara ini, beliau mengungkapkan betapa pentingnya acara semacam ini dikarenakan semakin besarnya tantangan farmasis ataupun generasi muda di Indonesia, khususnya dalam mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja. Sementara itu, Ibu Dr. Susi Ari Kristina, M,Kes., Apt. mengungkapkan bahwa mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan acara pelatihan softskill ini dengan sebaik-baiknya, menggali sebanyak-banyaknya ilmu mengenai hal-hal penting berkaitan dengan pembuatan curriculum vitae dan job interview.
Terdapat dua agenda yang dilaksanakan pada rangkaian hari pertama kegiatan pelatihan softskill, yaitu pelatihan pembuatan curriculum vitae dan pelatihan job nterview yang diisi oleh Eureka Mahardika Management Consultant. Materi disampaikan langsung oleh Mohammad Genta Mahardhika, SE, MBA selaku President Director Eureka Mahardika Management Consultant. Pada sesi ini, mahasiswa PSPA 2018 selain mendapatkan pengetahuan bagaimana teknik menulis curriculum vitae yang baik, menarik, serta hal-hal apa saja yang perlu ataupun tidak perlu ditulis di dalam curriculum vitae, mahasiswa juga diajak untuk lebih memahami bahwa konten CV yang baik harus sesuai dengan tujuan dari pembuatan CV tersebut, misalnya apakah untuk di Indonesia atau di luar negeri, untuk perusahaan seperti apa, dan seterusnya. Pada sesi ini juga, curriculum vitae yang telah dibuat oleh mahasiswa direview sehingga dapat mengatahui hal-hal apa saja yang perlu lebih diperhatikan dan diperbaiki dari CV yang telah dibuat.
Materi selanjutnya mengenai pelatihan job interview. Pada sesi ini hadir pula Oktiva Citra Devi, S. Farm., MBA., Apt yang merupakan alumnus Fakultas Farmasi UGM dan Debby Aulia Kartikasari, SE. Selama sesi ini mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana memperkenalkan diri secara profesional, hal-hal apa saja yang biasa ditanyakan oleh interviewer, bagaimana attitude dalam melakukan wawancara suatu pekerjaan, bagaimana membangun rasa tenang dan percaya diri saat interview, cara mempersiapkan diri ketika menghadapi special interview dan bagaimana mengenali potensi diri sehingga dapat menjadi keunggulan dibandingkan dengan pelamar yang lain. Selain itu, pada sesi ini mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan simulasi job interview kemudian dilakukan evaluasi, sehingga mahasiswa dapat mempelajari hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam wawancara suatu pekerjaan.
Rangkaian acara hari pertama yang berakhir pukul 16.00 WIB kemudian ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dari panitia kepada Eureka Mahardika Management Consultant serta foto bersama antara panitia dengan tim pemateri. Tidak lupa pemateri menyampaikan pesan penutupnya bahwa segala yang didapatkan hari ini tidak akan berkembang jika setelah selesai acara tidak dilatih secara mandiri, oleh karena itu diharapkan segala ilmu yang didapatkan perlu sering dilatih dan diimbangi dengan keinginan yang besar dari dalam diri untuk menjadi lebih baik lagi (Aida/FA UGM).