Farmasi UGM – Minggu (28/11) telah terselenggara kegiatan Farmasi Innovative Academy yang berlangsung di Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari tiga Universitas yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Jenderal Soedirman, dan Universitas Sanata Dharma.
Rangkaian kegiatan Farmasi Innovative Academy sudah dimulai sejak awal Oktober 2021 seperti webinar, workshop, outbound dan acara puncaknya adalah pameran. Tema yang diusung dalam kegiatan ini yaitu START (It) Up! With Farmasi Innovative Academy dengan maksud di era revolusi industri 4.0 mahasiswa merupakan tonggak penggerak perubahan, oleh karena itu sudah saatnya mahasiswa menjadikan start-up sebagai salah satu tempat untuk mengembangkan karya dan berinovasi dalam bidang kewirausahaan. Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjadi wadah bagi para inovasi yang sedang mencari investor dalam mengembangkan usaha serta menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mempromosikan usahanya melalui entrepeneurship exhibition.
Pameran diikuti oleh sebanyak 15 tim yang sangat kreatif dan inovatif untuk menampilkan ide dalam bentuk produk maupun teknologi seperti lilin aromaterapi, clay mask, sunscreen, facewash, platform edukasi, aplikasi penunjang kesehatan, printing 3D, dll. Dari semua tim pameran nantinya akan memperebutkan juara dengan kategori yang sudah ditentukan oleh panitia. Adapun juri yang dihadirkan untuk menilai dari masing-masing tim yaitu Dr. apt. Purwanto, M.Sc dari Universitas Gadjah Mada, Florentinus Dika Octa Riswanto, M.Sc dan apt. Dita Maria Virginia dari Universitas Sanata Dharma.
Selain itu dalam rangkaian kegiatan pameran juga terdapat talkshow inspiratif yang mengundang beberapa narasumber yang sudah berpengalaman di bidang start-up dan kewirausahaan yakni co-founder PT Widya Indonesia Group, Alwi Herfian dan co-founder Taigersprung Dimsum, Buyung Samudra.
Pengunjung yang hadir dalam pameran tersebut mulai dari kalangan masyarakat sekitar, mahasiswa, dosen, hingga siswa SMK/SMA yang ikut meramaikan stand yang ada. Mereka antusias untuk bertanya dan mengikuti challenge di beberapa stand hingga membeli produk yang telah dilaunching. (Humas FA)