DWI BEMKFA UGM – Sayembara desain merchandise @kantung.mata merupakan kompetisi yang terbuka bagi seluruh mahasiswa UGM. Kompetisi ini diadakan oleh Departemen Wirausaha dan Inovasi BEM KM Farmasi UGM 2024 dengan tujuan untuk mendorong inovasi dalam desain produk merchandise @kantung.mata serta membangkitkan kreativitas seluruh mahasiswa UGM. Melalui ide-ide inovatif dan kreatif dari mahasiswa UGM, produk merchandise @kantung.mata diharapkan dapat lebih dikenal dan diminati oleh berbagai kalangan, terutama mahasiswa UGM.
Sayembara desain merchandise @kantung.mata ini dilaksanakan pada tanggal 20 Mei – 2 Juni 2024 dengan tema “Innovative Discovery: Revealing The Dynamic of UGM from Student’s Perspective Through Art”. Setiap karya nantinya akan dinilai oleh juri yang berkompeten di bidangnya. Pemenang dari sayembara ini akan mendapatkan apresiasi berupa bagi hasil penjualan produk merchandise dan juga sertifikat penghargaan. Inovasi desain yang dihasilkan dari sayembara ini juga akan menjadi langkah strategis dalam memperkuat branding @kantung.mata.
Kompetisi sayembara desain merchandise @kantung.mata ini merupakan program kerja terobosan Departemen Wirausaha dan Inovasi yang tidak hanya memberikan kesempatan kepada mahasiswa UGM untuk menyalurkan bakat desain mereka, tetapi juga dapat berkontribusi langsung pada pengembangan brand lokal. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah positif dalam memfasilitasi kreativitas mahasiswa dan meningkatkan daya saing produk @kantung.mata di kalangan mahasiswa UGM.
Kegiatan ini sejalan dengan beberapa tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama SDG 9 tentang Industri, Inovasi, dan Infrastruktur. Dengan memberikan sarana bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat desain mereka, sayembara ini berkontribusi pada pengembangan industri kreatif di tingkat lokal. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung SDG 8 tentang Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, karena mengedepankan peluang kerja dan kewirausahaan bagi mahasiswa, yang pada akhirnya dapat meningkatkan daya saing produk lokal di pasar yang lebih luas. Melalui kolaborasi dan kreativitas, diharapkan sayembara ini tidak hanya akan melahirkan desain-desain inovatif, tetapi juga memberikan dampak positif bagi komunitas UGM dan ekonomi lokal (SDG 17). Sayembara ini juga mendukung SDG 4 tentang Pendidikan Berkualitas, dengan mendorong mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan keterampilan baru melalui proses kreatif.
SDGs nomor 4, 8, 9 dan 17