Farmasi UGM – Minggu (28/04), Lembaga Pers Mahasiswa Farsigama selenggarakan acara ‘Training Digital Branding dan Jurnalistik’ bertempat di Fakultas Farmasi UGM. Acara tersebut mengusung konsep ‘Fantastik Jurnalistik’ sebagai salah cara asik belajar jurnalistik. Target panitia adalah untuk mengajak seluruh mahasiswa Farmasi UGM agar lebih mengenal dan meningkatkan kemampuan jurnalistik serta branding melalui media digital. Rangkaian acara ini terbagi menjadi 2 sesi, digital branding dan training jurnalistik.
Sesi pertama diisi oleh pembicara dari Program Inhealth TV FK-KMK UGM yaitu Bapak I Gusti Ngurah Tri Marutama, S.Sn., M.Sn atau yang akrab disapa dengan Pak Anom. Menurut Pak Anom, digital branding adalah tentang bagaimana cara mengomunikasikan suatu perusahaan, produk, atau seseorang melalui media digital agar dapat tersampaikan ke masyarakat luas. Dalam acara kali ini, media digital yang menjadi fokus utama adalah poster.
Secara umum, poster memiliki beberapa komponen penting diantaranya headline, subheadline, dan ilustrasi. Di sisi lain, ada pula komponen pendukung yang perlu diperhatikan, antara lain elemen visual, tipografi, warna, dan layout. Dengan memperhatikan komponen-komponen tersebut, diharapkan dapat dihasilkan poster yang berkualitas. Untuk dapat lebih memahami isi materi, peserta diajak untuk membuat poster melalui aplikasi pembuat poster dengan panduan Pak Anom.
Pada sesi selanjutnya, Ariel Kenandega selaku Pemimpin Umum BPPM Equilibirum 2019-2020 hadir untuk menjadi narasumber mengenai topik jurnalistik. Ariel banyak menerangkan mengenai cara menentukan topik dan membuat suatu artikel. Untuk membuat suatu tulisan yang menarik, perlu memperhatikan nilai penting dari tulisan tersebut. Sehingga penentuan topik menjadi hal yang sangat penting. Tentunya juga perlu mempertimbangkan target pembacanya kelak. Disampaikan pula bahwa ketertarikan orang dalam membaca adalah seperti piramida terbalik yaitu lead, body, dan legs yang berarti bahwa orang-orang cenderung untuk membaca bagian judul atau pembukaan terlebih dahulu, jika dari judul sudah dirasa menarik, mereka akan membaca bagian selanjutnya.
Melalui acara training digital branding dan jurnalistik ini, diharapkan agar mahasiswa Farmasi UGM dapat menerapkan keterampilan dalam digital branding dan jurnalistik. Sehingga, mahasiswa Farmasi UGM dapat memiliki skill tambahan, dan juga untuk mengembangkan kemampuannya agar dapat bermanfaat baik dalam perkuliahan, kegiatan kampus, dan dalam kehidupan bermasyarakat. (Niken, Ririn, Arin)