Departemen Biologi Farmasi

Ketua Departemen : Dr. Indah Purwantini, M.Si., Apt.
Sekretaris Departemen : Dr. rer. nat. Nanang Fakhrudin, M.Si., Apt.
Staf Tata Usaha : Sri Wisni

Departemen Biologi Farmasi adalah unsur pelaksana akademik Fakultas Farmasi yang melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dalam cabang ilmu yang berkaitan dengan bidang biologi Farmasi, yang meliputi biodiversitas, ethnomedisin, fitokimia, farmakognosi (skrining, pengembangan, produksi, pengujian, standardisasi, produksi dan pemanfaatan obat dari bahan alam), fitoterapi (penggunaan tanaman obat dan produk turunannya untuk pengobatan dan pencegahan penyakit), analisis bahan/produk alami, bioteknologi farmasi (produksi senyawa bioaktif menggunakan kultur sel tanaman dan mikroorganisme), rekayasa jalur metabolit, mikrobiologi, dan biologi sel. Departemen ini terdiri dari 2 laboratorium, yaitu Laboratorium Farmakognosi-fitokimia dan laboratorium mikrobiologi dan biologi sel.

1. Laboratorium Farmakognosi-Fitokimia
Kepala Laboratorium: Dr. Yosi Bayu Murti, M.Si., Apt.

Laboratorium ini akan mengemban tugas melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang:

  1. eksplorasi bahan alam untuk bahan obat dimasa datang berdasarkan kearifan lokal dan penggunaan bahan alam secara empiris,
  2. pengembangan metode analisis bahan alam dan produk-produk obat bahan alam untuk menjamin keamanan dan khasiatnya dalam pengobatan,
  3. pengembangan produk-produk obat tradisional dan obat alam menjadi produk yang terstandar dan terjamin keamanan dan khasiatnya sehingga bisa digunakan dalam sistem pengobatan formal.

Anggota Laboratorium

Dosen:
– Prof. Dr. phil. nat. Sudarsono, S.U., Apt.
– Prof. Dr. Subagus Wahyuono, M.Sc., Apt.
– Prof. Dr. Suwijiyo Pramono, DEA., Apt.
– Dr. rer.nat. Yosi Bayu Murti, M.Si., Apt.
– Dr. rer.nat. Triana Hertiani, M.Si., Apt.
– Dr. Andayana Puspitasari, M.Si., Apt.
– Dr. Erna Prawita Setyowati, M.Si., Apt.
– Dr.rer.nat. Nanang Fakhrudin, M.Si., Apt;

Laboran:
– Supandi
– Sarti Yuridasari
– Ernawati
– Setiono

 

2. Laboratorium Mikrobiologi dan Biologi Sel
Kepala Laboratorium : Dr. Djoko Santosa, M.Si.

Laboratorium mikrobiologi dan biologi sel memiliki lingkup kegiatan:

  1. Mencari dan menemukan bahan aktif yang berhasiat sebagai antimikroba/antiinfeksi baik yang berasal dari tumbuhan tinggi maupun yang berasal dari mikroba tanah dan mikroba endofit.
  2. Mempelajari keanekaragaman mikroba beserta interaksi fisiologi, senyawa yang terlibat dalam interaksinya, dan mekanisme interaksi pada level biokimia.
  3. Mengembangkan mikroorganisme transforman guna melakukan biokonversi untuk mendapatkan zat aktif yang lebih potensial, serta melakukan pemeriksaan keamanan produk farmasi dan makanan/minuman yang berupa uji potensi dan kandungan mikroorganisme sediaan farmasi.
  4. Melakukan serangkaian pengujian terkait cemaran mikroorganisme dalam produk obat, kosmetik, makanan dan minuman, misalnya Angka Kapang Khamir dan Angka Lempeng Total, baik kaitannya dengan laboratorium afiliasi dengan LPPT UGM maupun pengujian hasil kerjasama dengan instansi lain/industri. Dalam kegiatan pengujian nilai ALT, AKK, dan MPN ini, laboratorium sudah tersertifikasi ISO 17025 sejak tahun 2013
  5. Mengembangkan metode deteksi cepat penyakit yang diakibatkan oleh infeksi mikroorganisme
  6. Memproduksi senyawa obat, enzim dan vaksin yang dihasilkan oleh mikroorganisme atau jaringan tanaman
  7. Mengembangkan metode-metode efektif untuk perbanyakan tanaman berkhasiat obat, baik melalui kultur kalus ataupun kultur tunas serta bagaimana memperbanyak metabolit yang diinginkan, misalnya dengan elisitasi dan prekursor.
  8. Mengembangkan sistem kultur sel guna memahami biosintesis senyawa tertentu dan produksi metabolit target
  9. Mengembangkan sistem inang transgenik guna produksi metabolit obat, baik secara kultur suspensi sel maupun dalam tanaman utuh

Anggota Laboratorium

Dosen:
– Prof. Dr. Wahyono, SU., Apt.
– Dr. Sylvia Pratiwi TP., M.Si.
– Dr. Indah Purwantini, M.Si., Apt.
– Dr. Puji Astuti, M.Sc., Apt.
– Dr. Purwanto, M.Sc., Apt.
– Dr. Djoko Santoso, M.Si.

Laboran:
– Bibit Sutarto
– Titik Tri Handayani, A.Md.
– Widyati Prihatiningtyas, M.Si.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*