Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
LPPM
Webmail
Bahasa Indonesia
English

Organisasi

Fakultas merupakan unsur pelaksana sebagian tugas pokok universitas dan dipimpin oleh Dekan yang bertanggungjawab langsung kepada Rektor. Fakultas bertugas melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu: pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, disamping harus pula melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan kegiatan pelayanan administrasi.

Dalam melaksanakan tugas sehari-hari, Dekan dibantu oleh 3 Wakil Dekan yaitu: Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan Sumber Daya Manusia, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama dan Alumni.

Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dilakukan di Departemen yang merupakan unsur pelaksana Fakultas dan Laboratorium yang merupakan sarana penunjang Departemen. Departemen yang dipimpin oleh Ketua Departemen bertanggungjawab langsung kepada Dekan. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari Ketua Departamen dibantu oleh Sekretaris Departemen. Pada saat ini sarana penunjang di masing-masing Departemen adalah sebagai berikut:

1. Departemen-departemen yang berfungsi sebagai pelaksana akademik 


Departemen adalah unsur pelaksana Fakultas dalam sebagian atau satu cabang ilmu. Bagian terdiri atas kelompok tenaga pengajar, teknisi, administrasi, dan laboratorium-laboratorium. Departemen dipimpin oleh seorang ketua dan seorang sekretaris. Di Fakultas Farmasi UGM terdapat 4 Departemen, yaitu: 


  1. Departemen Biologi Farmasi
  2. Departemen Farmasetika
  3. Departemen Kimia Farmasi,

  4. Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik 



2. Bagian yang berfungsi sebagai administratif 


Bagian Tata Usaha


Bagian Tata Usaha dipimpin oleh kepala kantor administratif dengan membawahi 2 seksi yaitu:

  1. Seksi Akademik dan Kemahasiswaan
  2. Seksi Administrasi, Keuangan dan Umum 



Unit/badan adalah satuan pelaksana tugas tertentu yang dikembangkan di fakultas

Pada saat ini Fakultas Farmasi UGM mempunyai unit-unit untuk mendukung proses pembelajaran mahasiswa, pengembangan staf dan keilmuan, yaitu antara lain:

  1. Perpustakaan: mengelola dan mengembangkan perpustakaan Fakultas sebagai sumber belajar dosen dan mahasiswa 

  2. Penelitian dan Pengembangan: mengelola kegiatan pengembangan dan penelitian yang dilakukan oleh sivitas akademika Fakultas Farmasi UGM
  3. Unit Pengabdian Masyarakat: mengelola dan mengembangkan materi pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa, kerjasama untuk tujuan pengabdian pada masyarakat dengan pihak lain.

Senat Fakultas merupakan badan normatif tertinggi di fakultas yang anggotanya terdiri atas semua tenaga pengajar bergelar Guru Besar, Dekan, Wakil-wakil Dekan, Ketua-ketua Departemen dan anggota-anggota yang mewakili anggota Departemen yang jumlahnya satu orang setiap 10 anggota departemen. Ketua Senat Fakultas dipilih diantara semua anggota senat.