Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
LPPM
Webmail
Bahasa Indonesia
English
Kamis, 14 September 2017 - 21:56:53 WIB

Farmasi UGM Sepakati Kerjasama dengan China Medical University (CMU) Taiwan

Dikirim oleh Administrator Web Dibaca 144 kali
Kamis, 14 September 2017, Fakultas Farmasi UGM menerima kedatangan Dekan College of Medicine China Medical University (CMU), Liang-Yo Yang, DVM, Ph.D. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Farmasi, Prof. Dr. Agung Endro Nugroho, M.Si., Apt. dan beberapa dosen yaitu Prof. Dr. Zullies Ikawati, M.Sc., Apt; Dr.rer.nat. Adam Hermawan, M.Sc., Apt.; Dr.rer.nat. Ronny Martien, M.Si dan Miftahus Sa'adah; M.Sc., Apt. Kedatangan Dekan CMU ke FA UGM adalah untuk mempererat kerja sama dengan UGM yang diakuinya sebagai salah satu universitas yang kuat di Indonesia. CMU dengan kampusnya di Taiwan juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa universitas lain, misalnya University of San Diego dan Mahidol University, serta baru saja menandatangi perjanjian kerja sama dengan University of Cincinnati, Amerika Serikat.

Pada kesempatan kunjungannya kali ini, Dekan CMU menawarkan beberapa kerja sama dengan Farmasi UGM. Pertama adalah kerja sama dalam bentuk melakukan penelitian bersama dengan fokus pada pengobatan kanker dan obat-obatan tradisional Indonesia serta nano-teknologi. Kerja sama kedua yang ditawarkan adalah dalam bidang akademis dengan beasiswa doktoral dan student mobility. Untuk beasiswa doktoral, CMU akan membebaskan tuition fee dan memberikan USD$ 970 tiap bulan untuk kandidat doktor yang melakukan penelitian di sana. Sementara itu, semua pengeluaran untuk penelitian di laboratorium akan ditanggung oleh CMU. Student mobility yang ditawarkan merupakan sebuah program yang mirip dengan Summer Course yang dimiliki oleh FA UGM. Kemudian kerja sama ketiga adalah dalam bentuk joined supervision untuk tesis dan disertasi dari mahasiswa Farmasi UGM dan CMU.

Selain itu, CMU juga memiliki jurnal internasional yang mempunyai reputasi (terindeks Pubmed, Scopus, Web of Science), dan menawarkan para dosen UGM untuk mengirimkan naskah publikasi pada jurnal tersebut. “Ke depan, setiap tahunnya Farmasi UGM akan mengirim satu atau dua naskah penelitian yang telah dilakukan untuk diterbitkan di jurnal tersebut”, ungkap Dekan Farmasi UGM. Pertemuan singkat itu diakhiri dengan berfoto bersama dan akan dilakukannya kunjungan balasan ke Taiwan oleh Dekan Farmasi UGM tahun depan. (Mita)