Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
LPPM
Webmail
Bahasa Indonesia
English
Selasa, 05 September 2017 - 09:17:32 WIB

Fakultas Farmasi Selenggarakan Workshop Western Blot

Dikirim oleh Administrator Web Dibaca 214 kali
Bukan kali pertama Fakultas Farmasi UGM menginisiasi hubungan kerjasama dengan pihak luar. Kali ini, bersama dengan Departemen Quality Control PT. Biofarma, Fakultas Farmasi UGM mengadakan kegiatan “Workshop Identifikasi Protein Menggunakan Teknik Western Blot” selama tiga hari, mulai dari tanggal dua puluh dua hingga dua puluh lima Agustus 2017. Kegiatan ini diikuti oleh karyawan PT. Biofarma dan bertujuan untuk memberikan edukasi terkait pemanfaatan teknik Western blot dalam pengidentifikasian protein. Dengan memanfaatkan Laboratorium APS serta Laboratorium Kimia Analisis dan Analisis Makanan di Unit IV Fakultas Farmasi UGM, para peserta diajak untuk praktek menggunakan alat Western blot setelah sebelumnya diberi pemaparan terkait materi tersebut.

Western bolt atau yang biasa dikenal juga dengan imunoblot sendiri merupakan salah satu teknik yang sering digunakan untuk menganalisis protein spesifik pada suatu sample. Dengan menggunakan Western blot maka akan mempermudah dalam mendeteksi protein yang diinginkan dari campuran protein dalam jumlah besar. Selain untuk mengetahui ukuran protein, teknik ini juga bermanfaat untuk mengidentifikasi dan memposisikan protein berdasarkan kemampuannya untuk berikatan dengan antibody yang spesifik.

Sebelumnya, PT. Biofarma sudah sering melakukan identifikasi protein, namun dengan menggunakan teknik Western blot memang sangat jarang dilakukan. Hal ini tidak terlepas dari minimnya SDM yang memahami cara pengaplikasian teknik western blot, dan untuk itulah Fakultas Farmasi UGM mengadakan workshop ini guna membantu memenuhi kualitas SDM PT. Biofarma. Tidak sampai di sini, nampaknya kerjasama antar kedua pihak akan terus berlanjut. “Sebagai bentuk keseriusan, PT. Biofarma mengajak Fakultas Farmasi UGM untuk menginisiaai kerjasama-kerjasama lainnya.” papar ketua panitia workshop, Muhammad Novrizal Abdi Sahid, M. Eng., Apt. (Yeny P/Humas FA)