Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
LPPM
Webmail
Bahasa Indonesia
English
Selasa, 05 September 2017 - 08:27:59 WIB

Amalia Miranda Lambungkan Nama Indonesia di Dunia Internasional

Dikirim oleh Administrator Web Dibaca 2232 kali
Dua ribu tujuh belas memang menjadi tahun pertama dimana ISPE Indonesia Affiliate mengadakan ajang Student Poster Competition. Namun siapa sangka, justru kegiatan yang baru diadakan ini menjadi langkah awal kesuksesan Indonesia di kancah internasional. Student Poster Competition Indonesia sendiri dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 Mei 2017 di Jakarta yang dirangkaikan bersama dengan acara Annual Conference dengan tajuk Continual Improvement. Dalam kompetisi ini, peserta wajib membuat poster ilmiah dengan topik Research and Development, Facilities, serta Business Operations of Interest to the Pharmaceutical Industry.

Fakultas Farmasi UGM sendiri mengirimkan dua delegasinya di ajang tersebut, yaitu Amalia Miranda, S.Farm. dan Nurul Pangestuti yang menduduki juara ke-2. Dalam ajang ini, Amalia Miranda berhasil mendapatkan gelar juara pertama dengan membawakan poster yang membahas tentang Formulation and Characterization of RIP MJ-C (Ribosome Inactivating Protein from Mirabilis jalapa L.-C) Double Coated Nanoparticle prepared by Chitosan-Sodium Tripolyphosphate and Alginate-Calcium Chloride. Di balik kesuksesannya, terdapat peneliti-peneliti yang turut membantu, diantaranya Ummi Hadiba Ciptasari, S.Farm., Ariyani Kusniasari S.Farm., Dewa Ayu Arimurni, M.Sc., Apt., Made Dwi Pradipta Wahyudi S., M.Sc., Apt., dengan beberapa dosen yang berperan sebagai pembibing mereka adalah Dr. Hilda Ismail, M.Si., Apt., Dr. rer. nat. Ronny Martien, M.Si., dan Prof. Dr. Sismindari, SU., Apt.

Tidak hanya sampai disini, sebagai pemenang pertama Amalia Miranda berkesempatan mewakili Indonesia untuk berkompetisi di ajang Student Poster Competition ISPE Singapore yang bertema Innovating for Next Generation Pharma Manufacturing pada tanggal 23 – 26 Agustus 2017 di Suntec Singapore. Selain menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia, juri juga menetapkan Amalia sebagai pemenang ke-2 di kompetisi tersebut. Sedang juara pertama diduduki oleh Himanshu Kathuria dari National University of Singapore, dan Ekanong Pirunkaset dari Mahidol University sebagai pemenang ke-3.