Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
LPPM
Webmail
Bahasa Indonesia
English
Minggu, 13 Agustus 2017 - 05:33:32 WIB

Fakultas Farmasi UGM Jalin Hubungan dengan Dua Universitas dari Kobe Jepang

Dikirim oleh Administrator Web Dibaca 234 kali
Kedatangan rombongan peneliti dari Kobe, Jepang pada tanggal 11 Agustus 2017 lalu disambut baik oleh Fakultas Farmasi UGM. Kedatangan mereka ke Indonesia adalah untuk membicarakan kerjasama penelitian dan inisiasi pengembangan bisnis di bidang pengembangan obat-obatan. Pada kesempatan itu, bertempat di Ruang Sidang Pimpinan Prof. Agung Endro, M.Si., PhD, Apt. selaku Dekan Fakultas Farmasi UGM ditemani beberapa dosen yaitu Prof. Dr. Sismindari, SU, Apt; Dr. Ritmaleni, Drh. Retno Murwanti, MP, PhD; Dr Susi Ari Kristina menyambut delegasi dari Jepang dengan hangat dan berdiskusi terkait kerjasama.

Setelah memperkenalkan profil Fakultas Farmasi UGM kepada para tamu dari Jepang, Dekan Farmasi UGM mempersilahkan Prof. Taizo Taniguchi, MD, PhD. dari Himeji Dokkyo University, Department of Molecular Pathophysiology untuk mempresentasikan profil dan riwayat penelitian yang sedang beliau kembangkan. Dalam pertemuan tersebut, Prof. Taizo Taniguchi memaparkan beberapa penelitian yang pernah beliau kerjakan terkait tanaman herbal. Salah satu hal yang cukup menarik adalah ketertarikan para peneliti Jepang tersebut dengan penelitian-penelitian tanaman obat yang pernah dikerjasamakan dengan UGM dan berinisiasi mengembangkannya sebagai produk farmasi. Sedang dari pihak Fakultas Farmasi UGM sendiri, Dr. Ritmaleni, M.Si. ditunjuk sebagai perwakilan dari UGM untuk memaparkan penelitian tentang beberapa senyawa hasil sintesis dan produknya yang sedang beliau kembangkan saat ini.

Diharapkan melalui pertemuan ini dapat dilahirkan inovasi-inovasi baru di bidang obat-obatan dan kefarmasian. Fakultas Farmasi UGM pun telah berkomitmen untuk menindaklanjuti pertemuan tersebut ke arah yang lebih serius. Apalagi Indonesia dan Jepang memang sudah memiliki hubungan yang cukup baik, terutama dengan universitas-universitas di Kobe, seperti Women’s Kobe University dan Kobe University. UGM sendiri sudah mempunyai MoU dengan beberapa universitas di Jepang. Turut hadir di acara tersebut, peneliti-peneliti dari Women’s Kobe University Prof. TaekoIzumi, Ph.D., Prof. Ai Kimura, Prof. Hiroko Honda, dan juga Prof. Naemi Kajiwara, Ph.D. (Yeny P/ Humas FA)