Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
LPPM
Webmail
Bahasa Indonesia
English
Sabtu, 17 Juni 2017 - 06:16:38 WIB

Mahasiswa Pascasarjana Farmasi UGM Gelar Seminar dan Presentasi Ilmiah

Dikirim oleh Administrator Web Dibaca 248 kali

Bulan Ramadhan ternyata tidak menyurutkan semangat para mahasiswa pascasarjana Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta untuk melakukan kegiatan-kegiatan akademik. Pada hari Kamis, tanggal 15 Juni 2017, mahasiswa pascasarjana dari Program Studi Magister Farmasi Klinik mengadakan kegiatan Seminar Nasional dan Presentasi Ilmiah dengan tema “Perkembangan Terkini Terapi Penyakit Kronis Kondisi Khusus (Aspek Sains, Manajemen dan Klinis) dengan narasumber: Dr. Nanang Fakhrudin, Apt; dr. I Dewa Putu Pramantara, Sp.PD., K-Ger dan Dra. Endang Yuniarti, M.Kes., Apt. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia Kota  Yogyakarta dan mendapatkan apresiasi yang tinggi oleh fakultas karena kegiatan seminar dan presentasi ilmiah merupakan kegiatan pembelajaran bagi mahasiwa untuk terus memperbaharui ilmu pengetahuan, melakukan publikasi hasil penelitian dan melatih keterampilan berorganisasi. Seminar Nasional dan Presentasi Ilmiah ini juga dihadiri oleh Dr Endang Lukitaningsih, M.Si, Apt dan Dr Satibi, M.Si, Apt selaku Wakil Dekan Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta.

Tema tentang “Perkembangan Terkini Penyakit Kronis Kondisi Khusus” dipilih bertepatan dengan momen bulan Ramadhan, ketika sebagian besar masyarakat dalam hal ini umat Islam yang diwajibkan menjalankan puasa dan bagi penderita penyakit kronis sangat menginginkan untuk bisa melaksanakan ibadah yang mereka tunggu-tunggu setiap tahunnya. Pertanyaan yang muncul seputar terapi penyakit kronis tidak hanya pada kondisi puasa saja, namun juga terkait dengan terapi pada kondisi lanjut usia dan obat alternatif bahan alam yang bisa digunakan. Narasumber dari aspek sains Dr. Nanang Fakhrudin memaparkan penelitian terkini tentang manfaat daun sukun sebagai alternative terapi hiperlidemia, antiplatelet dan kardioprotektif. Sementara itu narasumber dari aspek klinis dr. I Dewa Putu Pramantara memaparkan tentang terapi penyakit kronis pada pasien lanjut usia yang mempunyai karakteristik yang komplek dan identik dengan penggunaann obat dalam jumlah yang banyak. Sedangkan tentang penggunaan obat selama kondisi puasa, diterangkan dengan menarik oleh Dra. Endang Yuniarti disertai tip-tip dalam mengatur waktu minum obat, manajemen dosis dan tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Minat peserta yang mengikuti kegiatan Seminar dan Presentasi Ilmiah begitu besar. Berdasarkan keterangan Ketua Panitia, Yudi Hardi Susilo, kegiatan ini diikuti oleh peserta dari dalam dan luar kota Yogyakarta. Tercatat oleh panitia, jumlah peserta sebanyak 90 orang dengan perincian 23 peserta mahasiswa sebagai presenter oral, 31 peserta dari umum dan 36 peserta dari mahasiswa non presenter. Presentasi oral merupakan kegiatan publikasi hasil penelitian mahasiswa untuk diseminasi perkembangan ilmu pengetahuan di bidang farmasi. Sebagai penilai presentasi, panitia mengundang Dr. Ika Puspitasari dan Dr Satibi. Di akhir acara, terpilih dua presenter terbaik yaitu, Rofiatun (dari minat MMF)  dan Reni Ariastuti (dari minat MST).