Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
LPPM
Webmail
Bahasa Indonesia
English
Rabu, 12 April 2017 - 15:45:11 WIB

Seluruh Prodi (Lima Prodi) di Fakultas Farmasi UGM Terakreditasi A

Dikirim oleh Administrator Web Dibaca 838 kali

Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada didirikan oleh Kementrian Kesehatan RI pada tanggal 27 September 1946 dengan nama Perguruan Tinggi Ahli Obat (PTAO). Tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari kelahiran Fakultas Farmasi UGM. Pada tahun 1973 Fakultas Farmasi mulai menempati tempat barunya di Sekip Utara hingga sekarang. Walaupun demikian karena kesulitan staf pengajar yang Apoteker, maka tingkat akhir program S1 dan tingkat apoteker masih diselenggarakan di Semarang karena pada waktu itu di Semarang yang tersedia tenaga Apoteker sebagai staf pengajar. Baru tahun 1977 seluruh seluruh proses belajar-mengajar di Fakultas Farmasi bisa diselenggarakan di Yogyakarta dalam satu kampus di Sekip Utara Yogyakarta.

Saat ini Fakultas Farmasi UGM mempunyai lima program studi yaitu S-1 Ilmu Farmasi, S-2 Ilmu Farmasi, S-2 Magister Farmasi Klinik, Profesi Apoteker dan S-3 Ilmu Farmasi. Dalam rilis terbaru peringkat akreditasi untuk Program Studi Profesi Apoteker UGM oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes)  memperoleh nilai A, setelah sebelumnya pada tanggal 14 Maret 2017 dilaksanakan Asesmen lapangan Program Profesi Apoteker. Dengan dirilisnya peringkat akreditasi untuk Program Studi Profesi Apoteker sehingga lengkaplah Program Studi di lingkungan Fakultas Farmasi UGM semuanya terakreditasi A. Lima Program Studi di Fakultas Farmasi UGM adalah sebagai berikut :

  1. 1. Program Studi Sarjana Farmasi, Peringkat A didasarkan atas Surat Keputusan BAN-PT No. 462/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2014 status Akreditasi ini berlaku hingga 7 Desember 2019;
  2. 2. Program Studi Magister Ilmu Farmasi, Peringkat A didasarkan atas Surat Keputusan BAN-PT No. 789/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/2015 Status Akreditasi ini berlaku hingga 27 Juni 2020;
  3. 3. Program Studi Doktor Ilmu Farmasi, Peringkat A didasarkan atas Surat Keputusan BAN-PT No. 844/SK/BAN-PT/Akred/D/VIII/2015 status Akreditasi ini masih berlaku hingga 15 Agustus 2020
  4. 4. Program Studi Magister Farmasi Klinik, Peringkat A didasarkan atas Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan LAM-PTKes dengan Nomor: 0476/LAM-PTKes/Akr/Mag/III/2016 status Akreditasi ini masih berlaku hingga 19 Maret 2021.
  5. 5. Program Studi Profesi Apoteker, peringkat A didasarkan atas Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan LAM-PTKes dengan Nomor: 1060/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2016 Status Akreditasi ini masih berlaku hingga 31 Maret 2022; Dengan dirilisnya Peringkat Akreditasi Prodi Profesi Apoteker ini menggantikan SK-BAN PT Nomor: 01/BAN-PT/Ak-I/PSPA/II/2012 yang telah berakhir masa berlakunya pada tanggal 3 Februari 2017 dimana peringkat akreditasi Profesi Apoteker UGM juga A.

Dengan hasil yang telah dicapai ini, Fakultas Farmasi berharap selalu terjaga sinergi antar semua sivitas akademik dan stakeholder. Harapannya, hal tersebut dapat semakin terjalin dengan baik dan tidak berpuas diri dengan capaian yang sudah ada, akan tetapi semakin percaya diri untuk dapat memperoleh peringkat Akreditasi pada tingkatan yang tinggi lagi sehingga ke depannya Fakultas Farmasi UGM dapat bersaing ditingkat Internasional.