Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
LPPM
Webmail
Bahasa Indonesia
English
Rabu, 30 November 2016 - 09:15:08 WIB

Fitriana Hayyu Arifah Raih Juara 1 Essai Ilmiah pada Eurycoma Competition II

Dikirim oleh Administrator Web Dibaca 613 kali

Mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada kembali mengukir prestasi dalam lomba essai ilmiah tingkat nasional sebagai juara 1 pada ajang Eurycoma Competition ke II yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur pada tanggal 25-27 November 2016. Mahasiswi yang berhasil meraih capaian ini adalah Fitriana Hayyu Arifah dari prodi Farmasi Bahan Alam angkatan 2013.

Lomba ini terdiri dari 2 tahapan seleksi yakni seleksi karya dan presentasi yang dilaksanakan di Universitas Mulawarman. Sebanyak 5 delegasi dari berbagai Universitas di Indonesia seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia, Universitas Mulawarman, dan Universitas Ahmad Dahlan. Pada kesempatan kali ini delegasi Fakultas Farmasi UGM mempresentasikan dengan urutan ke-5. Judul yang diusung pada lomba ini adalah Xanthus-Maruri: Prospek kombinasi rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) dan herba meniran (Phyllanthus niruri) dengan formula nanoenkapsulasi berbasis kitosan sebagai penghantaran tertarget untuk terapi hepatitis B.

Kegiatan ini penting untuk menampung ide dan kreativitas dari mahasiswa farmasi seluruh Indonesia untuk solusi dalam penanganan krisis bahan baku obat di Indonesia. Indonesia memiliki biodiversitas terbesar ke-2 setelah Brazil tetapi ironisnya angka import bahan baku obat mencapai angka 96%.

Karya dari mahasiswa farmasi UGM diharapkan tidak hanya berhenti sampai tahapan ide dan gagasan tetapi juga bisa dikembangkan menjadi penelitian sehingga menjamin safety, efikasi, dan kualitas. Ide ini juga diharapkan bisa menjadi fitofarmaka antihepatitis B yang tentunya masih membutuh usaha keras dan kerjasama dari berbagai pihak baik pemerintah, akademisi, dan industri farmasi. Ajang ini juga diharapkan mampu mempromosikan obat herbal di dalam negeri dan meningkatkan jaringan di ranah Internasional. Selain sebagai ajang penyaluran inovasi dan kreativitas mahasiswa di Indonesia, ajang ini juga akan memperkuat jaringan dan kerjasama mahasiswa farmasi seluruh Indonesia, serta dapat memacu semangat mahasiswa lainnya untuk berkarya untuk kemajuan bangsa (Humas Fakultas Farmasi UGM).