Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
LPPM
Webmail
Bahasa Indonesia
English
Rabu, 30 November 2016 - 08:08:05 WIB

Mahasiswa Farmasi UGM Berhasil Meraih Juara I Kompetisi Farmasi Tingkat Nasional Pharmadays 2016

Dikirim oleh Administrator Web Dibaca 815 kali

YOGYAKARTA - Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada kembali meraih juara di tingkat Nasional pada lomba kefarmasian antar mahasiswa se-Indonesia. Pada kali ini tim UGM-B dengan anggota Michael Tan, Dita Fadhilah dan Nanda Rysa Permata Putri berhasil meraih juara 1 dalam acara “Kompetisi Farmasi tingkat Nasional Pharmadays 2016” yang diadakan oleh Pusat Informasi Obat Gadjah Mada (PIOGAMA) pada 17-18 September 2016. Kompetisi ini merupakan salah satu kompetisi besar kefarmasian tingkat Nasional yang diikuti oleh 40 tim dari berbagai universitas di Indonesia. Diadakannya kompetisi kefarmasian ini bertujuan untuk mengasah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa farmasi Indonesia sebagai calon apoteker masa depan.

Kompetisi ini terdiri dari tiga babak untuk akhirnya dapat menjadi juara, yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Babak pertama merupakan babak penyisihan, pada babak ini masing-masing tim menyelesaikan soal-soal kefarmasian yang berjumlah 200 soal. Kemudian dari babak penyisihan ini akan diambil 9 tim terbaik yang berhak maju ke babak semifinal. Pada babak penyisihan 9 tim terbaik yang berhasil lolos yaitu dua tim dari UGM, dua tim dari ITB, dua tim dari UI, tim UAD, tim Unair, dan tim UMS. Pada babak semifinal, 9 tim dibagi menjadi 3 grup, dengan masing-masing grup terdiri dari 3 tim yang saling bersaing dalam lomba cerdas cermat untuk merebut satu tiket ke babak final.

Pada babak semifinal tim UGM-B dengan ketua Michael Tan berhasil mengalahkan lawan dari tim ITB-B dan tim UAD, sehingga berhak masuk ke babak final. Tim yang berhasil lolos ke babak final adalah tim UGM-A, tim UGM-B, serta tim UMS. Babak final ini terdiri dari dua tahap, yakni konseling dan cerdas cermat, di mana penilaian dari masing-masing tahap akan diakumulasikan untuk menentukan pemenang. Pada tiap tahap babak final ini dilakukan penjurian secara terbuka di depan umum. Pada tahap konseling masing-masing anggota tim dari masing-masing finalis diminta untuk menyelesaikan kasus dan kemudian melakukan konseling dengan pasien. Pada tahap konseling ini tim UGM-B berhasil meraih skor tertinggi dan salah satu anggotanya, yaitu Dita Fadhilah berhasil menjadi Best Counselor.



Para Juara Kompetisi Farmasi Tingkat Nasional Pharmadays 2016

Kemudian tahap kedua di babak final ini adalah lomba cerdas cermat berupa 30 soal pertanyaan rebutan yang diberikan oleh dewan juri. Sistem penilaian pada tahap ini adalah jawaban salah akan dikurangi 5 poin, jawaban benar sempurna mendapat 10 poin dan jawaban benar tapi tidak sempurna mendapat 5 poin. Pada tahap akhir ini tim UGM-B sempat mendapatkan nilai minus. Akan tetapi anggota tim ini terus bersemangat dan berjuang hingga akhirnya berhasil menyusul skor tertinggal dan akhirnya pada skor akhir berhasil mendapatkan skor akumulasi tertinggi dan berhak mendapatkan juara 1 pada kompetisi nasional kefarmasian Pharmadays 2016.

Pada akhirnya, Kompetisi Farmasi tingkat Nasional Pharmadays 2016 ini menghantarkan tim kebanggaan Fakultas Farmasi UGM menempati posisi juara 1 dengan ketua tim Michael Tan (UGM-B) dan juara 3 dengan ketua Kimelvina (UGM-A), sedangkan tim dari UMS menempati posisi juara 2. (Humas Fakultas Farmasi UGM)