Tentang UGM
Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
LPPM
Webmail
Bahasa Indonesia
English
Rabu, 06 Maret 2013 - 15:37:52 WIB

Fakultas Farmasi UGM Tandatangani Kerjasama dengan Rumah Sakit Akademik UGM

Dikirim oleh Administrator Web Dibaca 1647 kali

Untuk meningkatkan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi, Fakultas Farmasi UGM melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM. Kerjasama tersebut difokuskan pada pelayanan publik, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Penandatanganan kerjasama antara Fakultas Farmasi UGM dan Rumah Sakit Akademik UGM tersebut dilaksanakan pada tanggal 6 Maret 2013 di Ruang Sidang dan Rapat RSA UGM.

Dalam sambutannya, Direktur RSA UGM, Prof. dr. Arif Faisal, Sp.Rad(K)., Ph.D., mengatakan kerjasama ini sangat diperlukan, dan fokus utamanya pada beberapa hal yaitu pertama, pelayanan publik dari pakar Fakultas Farmasi UGM berkaitan dengan pelayanan obat di RSA. Hal ini berkaitan dengan akan dikembangkan Pelayanan Farmasi Klinik di RSA. Beliau menginginkan pelayanan Farmasi Klinik tersebut menjadi contoh bagi institusi atau instansi lain, dan UG harus menjadi yang terdepan dalam pelayanan Farmasi Klinik tersebut. Kedua, kerjasama penelitian dan penelitian, terutama pendidikan kefarmasian, penelitian herbal, penelitian uji khasiat dan keamanan pada sukarelawan sehat atau pasien. Beliau mengatakan bahwa dengan kerjasama ini penelitian-penelitian klinik obat bisa dilakukan di RSA. Masih dalam sambutan tersebut, Dalam aspek pengabdian masyarakat, ilmu kefarmasian seyogyakanya tidak hanya sebatas teori namun harus dipraktikkan sehingga bisa bermanfaat langsung bagi pasien.

Sambutan yang lain, Dekan Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Subagus Wahyuono, MSc, Apt menyampaikan bahwa perkembangan ilmu kefarmasian sangat pesat. Dulunya hanya berorientasi ke produk, namun era sekarang sudah meluas ke patient oriented. Era sekarang, Farmasi Klinik merupakan tujuan dari pelayanan kefarmasian yang sudah berorientasi juga ke pasien. Oleh karena itu, Fakultas Farmasi UGM menganggap kerjasama dengan RSA ini merupakan moment bersejarah untuk mendukung konsep patient oriented tersebut. Fakultas Farmasi UGM juga berkeinginan memunculkan program Pascasarjana Farmasi Klinik, sehingga perlu bantuan dari RSA untuk pengembangannya. Berkaitan dengan kerjasama penelitian, Farmasi UGM berinisiasi membentuk UKOT untuk memproduksi produk herbal. Nantinya, produk tersebut diharapkan juga diuji secara klinik sebagai implementasi kerjasama ini. Tidak hanya itu, penelitian bioekivalensi bioavailabilitas (BABE) juga implementasi dari kerjasama ini. Farmasi UGM mempunyai mimpi bahwa produk-produk penelitian Fakultas bisa diaplikasikan di RSA.


Turut hadir dalam penandatanganan kerjasama tersebut adalah Wakil Dekan Bidang Pendidikan dan Akademik Dr. Hilda Ismail, MSi, Apt; Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Kerjasama dan Alumni Prof. Dr. Agung Endro Nugroho,MSi., Apt; Kaprodi Program Profesi Apoteker Prof. Dr. Marchaban, DEA, Apt; Kaprodi Program Pascasarjana S-2 Ilmu Farmasi Dr. Triana Hertiani, MSi., Apt beserta Sekprodi Dr. Tri Murti Andayani, SpRS, Apt; dan Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt.

Dari RSA UGM turut hadir yaitu Direktur Pelayanan Medis, Penunjang Medis dan Keperawatan RSA UGM, Prof. dr Sunartini Hapsara, Sp.A(K)., Ph.D., Direktur Pelayanan Umum, Sumber Daya Manusia, Akademik dan Riset, Dr. drg. Julita Hendrartini, M.Kes., Kepala Bagian Akademik dan Riset, dr. Nurwestu Rusetiyanti, Sp.KK., M.Kes, Kepala Instalasi Pendidikan Pelatihan dan Riset, dr. Yosi Tamara, Kepala Instalasi Farmasi dan Sterilisasi, Taufiqurohman, S.Farm., Apt., Kepala Bagian Aset dan Pengadaan, Nasrini Krisnaningsih, M.Sc., Apt.
(Humas Fakultas Farmasi UGM)